RSS

Jumat, 21 Mei 2010

Psikologi Niaga Part.1

Saat iseng membereskan file-file kuliah yang masih berceceran, memoriku kembali melayang akan kenangan tugas Psikologi Niaga. Tugas ini cukup memakan banyak waktu dan tenaga ini, tapi dibalik itu, sebenernya tugas ini seruuuu sekali! bisa jalan-jalan, bertemu dengan orang-orang baru, menjalin relasi, merancang sesuatu, ilmu dan pengalaman pun semakin bertambah.

Beranggotakan 5 orang di setiap kelompoknya, kami ditugaskan melakukan consumer research pada suatu perusahaan tertentu dengan tujuan akhir merancang strategi untuk membangun image perusahaan tersebut. Setelah memilih berbagai alternative perusahaan yang akan kami jadikan tempat penelitian, jatuhlah pilihan kami pada restoran Top Noodle Express di Tunjungan Plaza. Top Noodle Express ini merupakan anak perusahaan Top Ten Group, perusahaan ternama dalam bidang entertainment, life style dan food & beverage di Surabaya. Top Noodle Express cocok sekali untuk orang-orang yang memiliki jadwal padat. Top Noodle Express menempatkan dirinya sebagai restoran Chinese Food yang tidak mengandung babi, memiliki pelayanan yang cepat serta harga-harga yang terjangkau dengan service yang memuaskan. Selain itu, Top Noodle Express juga melayani delivery order dengan keunggulan makanan akan tetap panas sampai diterima oleh pelanggan.

Dalam melakukan consumer research, tahap awal yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan riset. Nah tujuan riset kali ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan di Top Noodle Express. Setelah mendapat ijin dari Bapak manajer, kami mulai mengumpulkan data sekunder melalui website dan melakukan wawancara kepada supervisor Top Noodle Express Tunjungan Plaza tentang segmentasi, targeting, dan positioning restoran ini. Kemudian, kami mulai melakukan analisis data berdasarkan faktor psikologis, seperti: kepribadian, motivasi, persepsi, sikap, belajar dan faktor sosio kultural (keluarga, kelas sosial, dan budaya).

Setelah menganalisis data sedemikian rupa dan menghubungkannya dengan teori-teori yang ada di buku Schiffman Kanuk tersebut, kami mulai menggali dimensi-dimensi dari kualitas layanan. Dengan menggunakan kuisioner kualitas layanan yang ada di servqual, kami menyebarkan 100 kuisioner ke pelanggan Top Noodle Express. Dari kuisioner ini didapat pula segmentasi konsumen yang dibagi berdasarkan jenis kelamin, status, pendidikan, pekerjaan dan jumlah penghasilan. Alhasil, di hari sabtu yang panas itu, kelompok Niaga Ceria (Peni, Karina, Yuri, Miun, Dinda) plus Phebe dan Tami bertengger seharian di Top Noodle Express. Beruntung banget mas-masnya baik dan mau bantuin kita nyebarin kuisioner, hmm..lumayan banget, bisa lebih cepet pulangnya.. :D

Yah, inilah contoh menu lezat yang kami pesan waktu itu sebagai misi terselubung untuk mengambil data… :P so yummyyyy.... sluuuuurrrrppppp!






Nahhh.. ini lah aksi kami saat menyebarkan kuisioner yang sebenarnya berjumlah 100 buah itu.. Tapi kami hanya berhasil mengumpulkan 75 buah saja karena sungkan berlama-lama disana.. :D







Lihat, ini akuuuu yang lagi nyebarin kuisioner...... :)



Dannn.. inilah mas-mas dari Top Noodle Express yang mbantuin nyebarin dan mbalikin kuisioner ke kami.. :))))




Nb. Terima kasih buat pihak-pihak yang menyukseskan tugas ini :D



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright MEJIKUHIBILIU 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .