RSS

Sabtu, 22 Mei 2010

Psikologi Niaga Part.2

Seperti yang telah aku tulis di postingan sebelumnya, dari riset konsumen akan didapat segmentasi konsumen yang dibagi berdasarkan jenis kelamin, status, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan. Setelah menganalisis dan memperoleh segmentasi perusahaan, kami mulai memikirkan rancangan strategi baru untuk memasarkan produk dari Top Noodle Express. Setelah bersemedi berhari-hari di rumah masing-masing, kami berkumpul kembali di hotspot untuk bertukar ide-ide yang telah kami peroleh. Hehe.. kita rajin banget dehh, padahal hotspot sepiii pii piii karena tanggal merah!

Nahhh.. berdasar hasil analisis kami, strategi pemasaran yang paling cocok untuk restoran ini adalah iklan radio dan media poster di berbagai media cetak. Sebelumnya, kami membuat slogan untuk restoran ini. Hal ini dikarenakan slogan memiliki peran penting dalam membangun sebuah image perusahaan karena slogan dapat mencerminkan keunikan atau kekhasan sebuah produk atau jasa. Selain itu, slogan berfungsi unutk membuat konsumen lebih mengingat suatu produk.

Mengapa iklan radio?

Hal ini karena pasar yang ditembak oleh restoran ini hanya terdapat di wilayah Surabaya saja. Strategi ini jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan iklan televisi yang disiarkan di seluruh Indonesia. Iklan televisi menjadi kurang efektif karena pasar yang dijangkau terlalu luas sedangkan lokasi restoran ini hanya ada di Surabaya. Apalagi iklan televisi membutuhkan biaya yang sangat besar. Kami membuat naskah dengan kata-kata yang penuh persuasi dan memperhatikan gaya pengucapan serta intonasi model dalam membawakan iklan agar iklan mencolok di telinga pendengar sehingga selalu terngiang-ngiang di telinga konsumen. Agar lebih efektif, Iklan ini ditayangkan di radio-radio yang pendengarnya sesuai dengan segmentasi konsumen.

Untuk iklan dalam media poster, dapat dimuat di berbagai media cetak seperti koran, tabloid, poster maupun pamflet. Pemasangan iklan di media harus disesuaikan dengan segmentasi pasar yang ditembak Top Noodle Express. Penulis membuat dua desain poster sebagai strategi pemasaran, dengan pertimbangan poster pertama menembak pasar terbesar yang kami peroleh dari hasil riset konsumen di Top Noodle Express, yakni mahasiswa, dan poster kedua menembak segmen utama Top Noodle Express yaitu businessman/bussinesswoman.

Desain poster pertama menampilkan sekelompok mahasiswa yang sedang asyik menyantap mie di Top Noodle Express. Desain ini menunjukkan bahwa mahasiswa juga dapat menikmati lezatnya menu di TNE dengan harga yang terjangkau dan tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama teman-teman. Sedangkan desain poster yang kedua, kami menampilkan seorang businesswoman yang memesan delivery Top Noodle Express untuk santapan makan siang. Pemilihan model, konsep cerita, background, dan layout dibuat sangat semenarik dengan menonjolkan kompetensi perusahaan dan dibuat berdasar hasil riset konsumen. Dengan begitu, iklan dapat efektif menarik perhatian konsumen dan mengundang konsumen untuk mengunjungi restoran ini.

Yahhh..itulah akhir kerja keras kami selama satu semester ini, dan Alhamdulillah hasil yang kami peroleh sangat maksimal, salah satunya dapet nilai A.. :)


Namun, tingginya nilai itu masih kalah dengan rasa puas yang muncul setelah menyelesaikan dan melihat hasil tugas ini. Apalagi, dosen kami menyarankan untuk menawarkan strategi-strategi ini kepada perusahaan yang bersangkutan karena cukup menarik. Horeeeeeeeee!!! \(*o*)/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright MEJIKUHIBILIU 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .